Transformasi Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital (Studi Kasus Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo Kediri)

Authors

  • As’ad Nizar Institut Agama Islam Negeri Kediri

Keywords:

Pendidikan Islam, Era Digital, Teknologi Pendidikan, Transformasi Pendidikan

Abstract

Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk di lembaga pendidikan Islam seperti pesantren dan madrasah. Teknologi telah memungkinkan berbagai inovasi dalam metode pembelajaran, seperti e-learning, blended learning, serta pemanfaatan media digital untuk meningkatkan efektivitas dan aksesibilitas pendidikan. Penelitian ini berfokus pada transformasi Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo Kediri dalam menghadapi era digital. Dengan menggunakan metode studi pustaka dan observasi, ditemukan bahwa penerapan teknologi di madrasah ini, seperti aplikasi Simponi Lirboyo, absensi online, laboratorium komputer dan bahasa, serta penggunaan proyektor di kelas, telah berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun, terdapat tantangan yang perlu diatasi, seperti kesiapan tenaga pendidik dan infrastruktur teknologi. Oleh karena itu, strategi implementasi digitalisasi di lembaga pendidikan Islam harus mempertimbangkan nilai-nilai Islam agar selaras dengan prinsip pendidikan berbasis keagamaan.

Downloads

Published

2024-11-13